Tips Pemasangan Kabel Tray yang Benar

Tips Pemasangan Kabel Tray yang Benar

Menjadi salah satu perlengkapan yang biasanya digunakan sebagai jalur pemasangan kabel listrik, sehingga keberadaannya menjadi lebih aman dan terlihat rapih, tahukah Anda cara pemasangan kabel tray yang benar? Mari simak langkah – langkahnya di bawah ini.

Kabel tray adalah sebuah sistem managemen saluran kabel yang diproduksi secara khusus untuk mendukung konstruksi instalasi kabel listrik yang berisolasi. Umumnya, kabel tray digunakan untuk distribusi industri listrik dan komunikasi. Harus Anda tahu, bahwa pemasangan kabel tray ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan, diperlukan perhatian khusus agar kabel tray tidak mengalami kerusakan.

Tips Pemasangan Kabel Tray yang Benar

Pembuatan Shop Drawing

Tips pasang kabel tray yang pertama adalah pembuatan shop drawing. Ini nanti akan menjadi penempatan jalur kabel. Untuk melakukan hal tersebut silakan pertimbangkan bagian – bagian komponen bangunan lain, seperti titik lampu, instalasi pipa, dan lain – lain.

Agar tidak berbenturan antara satu sama lain, maka perlu dibuatkan gambar instalasi terlebih dulu secara keseluruhan. Hal demikian biasanya disebut dengan shop drawing komposit.

Marking Jalur Tray

Langkah selanjutnya adalah marking jalur tray, atau ladder sesuai shop drawing. Baru kemudian Anda bisa menandai lokasi pengeboran untuk gantungan. Mulailah dengan mengebor lokasi gantungan atau support.

Memasang Gantungan

Setelah melewati proses pengeboran, Anda bisa mulai memasang gantungan atau supoort ladder. Kemudian lanjutkan dengan memasangkan kabel tray atau kabel ladder.

Memasang Penghubung Grounding

Terakhir, di tiap sambungan silakan Anda pasangkan penghubung grounding. Selain itu, agar bisa bertahan lebih lama disarankan agar kabel tray di zincromate, atau finish cat untuk mencegah karat pada kabel tray yang dipasang.

Sebelum mulai pemasangan kabel tray, sebaiknya ketahui terlebih dulu aturan penting yang diberlakukan secara umum pada proses pemasangan kabel ladder tersebut, antara lain sebagai berikut.

  1. Kabel tray atau ladder tidak disarankan untuk dipasang menghalangi akses ke equipment. Contohnya akses ke tangga, pintu, dan lain – lain.
  2. Kabel tray juga tidak disarankan untuk dipasangkan pada vessel yang bergerak. Contohnya silo dengan timbangan sehingga yang demikian mengakibatkan gerak silo terhambat.
  3. Apabila kabel tray dipasangkan secara bertumpuk, maka diantara keduanya, yakni antara kabel tray atas dengan kabel tray bawah minimal diberi jarak sekitar 30 cm.
  4. Kabel tray juga tidak boleh dipasang, terutama di beberapa zona yang mudah terbakar. Kecuali, yang area yang memiliki spesifikasi fire prove atau fire retardan.
  5. Disarankan agar pengerjaan dan pemasangan kabel tray dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman di bidangnya, yakni di bidang kelistrikan dan paham mengenai peraturan safety.
  6. Kabel tray biasanya digunakan untuk kabel power yang harus dipisahkan dari kabel tray, misalnya untuk kabel signal.
  7. Peraturan internasional mengenai petunjuk pemasangan kabel tray tersebut pada dasarnya telah tertera dalam aturan NEMA VE. Misalnya mengenai desain dan petunjuk keamanan bekerja dalam memasang kabel tray.

Sederhananya, metode pemasangan kabel tray pada dasarnya mudah sekali. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan lebar tray yang cukup untuk jumlah kabel yang akan dipasang. Dimana pemotongan kabelnya harus memiliki panjang yang dilebihkan sekitar 1 m dari kebutuhan. Tarik kabel satu per satu, lalu gunakan kabel ties sebagai pengikat. Sehingga kabel siap disambungkan dengan panel.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang tips pemasangan kabel tray yang benar. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *