Komnas Perlindungan Anak Desak Daus Mini Akui Anak dari Pernikahannya dengan Yunita Lestari

Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait menerima aduan dan laporan dari mantan istri Daus Mini, Yunita Lestari. Laporan itu terkait polemik tes DNA dan tidak adanya pemberian nafkah kepada anak mereka, yakni Ivander Haykal Firdaus. Daus Mini juga diduga menelantarkan anak atas nafkah yang berhenti sejak September 2020.

"Berdasarkan laporan bu Yunita, sikap Komnas Perlindungan Anak secara tegas bahwa ibu Yunita dengan Daus sejak anak itu lahir sudah mengumumkan kepada publik," kata Arist Merdeka Sirait di Komnas Perlindungan Anak, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (25/2/2021). Arist menegaskan bahwa dalam hal ini, Ivander Haykal Firdaus tidak bersalah dan memang benar anak dari pernikahan Yunita dan Daus. "Artinya, anak ibu Yunita sekarang tidak perlu dipertanyakan. Karena anak itu sudah diakui. Jadi tidak ada masalah," ucapnya.

Arist menegaskan, istri Daus tidak layak dan berhak meminta suaminya melakukan tes DNA kepada Ivander Haykal Firdaus. Karena, sejak awal Daus Mini pun sudah mengakui dengan sadar jika Ivander Haykal Firdaus memang adalah anaknya. "Sekarang ada perdebatan di media sosial bahwa istri Daus meminta tes DNA untuk membuktikan apakah itu benar anak Daus atau Yunita. Nah itu tidak ada relevansinya. Itu adalah kekerasan yang membuat anak trauma. Tidak layak itu disampaikan ke publik," jelasnya.

Kedepan, Arist menegaskan akan memanggil pria berusia 33 tahun itu. Namun, Arist tidak bisa memastikan kapan akan memanggil pelawak tersebut. "Kita akan panggil Daus dan istrinya dalam waktu dekat. Karena setelah diumumkan bahwa itu anak mereka dan terjadi perceraian kemudian menikah lagi, sebenarnya Daus itu sebelum menikah pun sudah memberikan nafkah dan kasih sayang," katanya. Sebelum melakukan pemanggilan, Arist Merdeka Sirait mendesak Daus Mini untuk memberikan penjelasan terkait polemik tes DNA yang hangat diperbincangkan saat ini.

"Daus juga harus mengakui bahwa memang itu anaknya. Kalau nanti Daus tidak memberikan penjelasan dari pengumuman mereka menikah, itu termasuk pelanggaran. Jadi tidak perlu diskusi panjang lebar, cukup berhenti lah mengatakan hal itu dan bertanggung jawab," ujar Arist Merdeka Sirait. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.