Ini Keunggulannya Intel Luncurkan Prosesor Xeon Scalable Generasi 3 ‘Ice Lake’

Intel resmi memperkenalkan prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke 3 yang berkode Ice Lake. Prosesor memiliki platform data center paling canggih, berkinerja tertinggi sehingga mampu mendukung beban kerja terluas pada industri, mulai cloud hingga jaringan dan hingga ke intelligent edge. Memiliki pondasi platform pusat data Intel, memungkinkan pelanggan memanfaatkan beberapa peluang bisnis paling signifikan saat ini dengan memanfaatkan kekuatan AI.

Melalui produk terbaru ini, Intel memberikan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dengan peningkatan rata rata 46% pada popular data center workloadsi. Prosesor ini juga memberikan dan meningkatkan kapabilitas kapabilitas baru termasuk dengan Intel SGX untuk keamanan internal, serta Intel Crypto Acceleration dan Intel DL Boost untuk akselerasi AI. Kemampuan baru ini, dipadukan dengan portofolio luas Intel Select Solutions dan Intel Market Ready Solutions, memungkinkan pelanggan untuk mempercepat penerapan di cloud, AI, perusahaan, komputasi kinerja tinggi (HPC), jaringan, keamanan dan aplikasi edge.

“Intel Xeon Scalable Generasi ke 3 kami adalah karya kami yang paling fleksibel dan berperforma terbaik sepanjang sejarah kami. Dirancang untuk mengerjakan workloads yang beragam, dari cloud, ke jaringan, hingga ke edge,” ujar Navin Shenoy, executive vice president dan general manager Data Platform Group Intel dalam keterangannya, Jumat (9/4/2021). “Intel memiliki posisi yang unik dengan arsitektur, desain, dan manufaktur untuk memberikan solusi dan silikon pintar yang luas bagi kebutuhan konsumen,” katanya.

Prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke 3 ini memanfaatkan teknologi proses Intel 10 nanometer (nm), prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke 3 terbaru menghadirkan hingga 40 core per prosesor dan peningkatan kinerja rata rata hingga 2,65 kali lebih tinggi dibandingkan dengan sistem yang sudah berusia 5 tahun. Platform ini mendukung hingga 6 terabyte memori sistem per soket , hingga 8 channel memori DDR4 3200 per soket dan hingga 64 jalur PCIe Gen4 per soket. Prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke 3 baru dioptimalkan untuk beban kerja modern yang dijalankan di lingkungan multicloud on premise dan terdistribusi.

Prosesor ini memberi arsitektur yang fleksibel untuk pelanggan, termasuk AI bawaan dan akselerasi kripto serta kemampuan keamanan tingkat lanjut, yang dirancang melalui inovasi selama puluhan tahun. Prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke 3 terbaru menghadirkan kinerja, produktivitas, dan kesederhanaan AI yang memungkinkan pelanggan untuk membuka wawasan yang lebih berharga dari data mereka. Sebagai satu satunya CPU data center dengan akselerasi AI bawaan, pengoptimalan software yang luas dan solusi siap pakai, prosesor baru ini memungkinkan untuk memasukkan AI ke dalam setiap aplikasi dari edge ke jaringan hingga cloud.

Dengan ratusan studi penelitian dan penerapan produksi, ditambah kemampuan untuk terus diperkuat dari waktu ke waktu, Intel SGX membantu melindungi kode dan data sensitif dengan potensi serangan permukaan terkecil dalam sistem di pusat data. Prosesor Intel Xeon Scalable didukung oleh lebih dari 500 ready to deploy Intel Market Ready dan Intel Select Solutions yang membantu mempercepat pengaplikasian, di mana hingga 80% portfolio Intel Select Solutions telah diperbaharui untuk mendapatkan manfaat dari prosesor ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *