Cara Memilih Shampo Anti Ketombe bagi Wanita Berhijab

Wanita berhijab cenderung memiliki kulit kepala yang lembap. Hal ini menyebabkan kulit kepala mudah berkeringat dan mengalami ketombe. Ketombe bisa memicu masalah lain pada rambut, seperti gatal dan rambut mudah rontok. Ketombe tersebut bisa diatasi salah satunya dengan memakai shampo anti ketombe. Yuk, simak cara memilih sampo tersebut di bawah ini.

1.  Memeriksa Kandungan Shampo

Hal yang pertama bisa Anda lakukan adalah melihat kandungan pembersih pada sampo. Kandungan pembersih amino acid sangat direkomendasikan. Beberapa bahan yang termasuk dalam pembersih kategori ini adalah glutamic acid, alanine, dan lysine

Bagi wanita berhijab yang cenderung mengalami masalah sirkulasi udara pada akar rambut sehingga kulit kepala kering. Amino acid diketahui aman digunakan pada kulit kepala kering karena memiliki kandungan detergen yang rendah sehingga tidak memberikan stimulus yang berlebihan pada kulit kepala.

2. Memilih Shampoo Medicated

Memilih shampo ini bisa jadi alternatif ketika sampo dengan pembersih amino acid dirasa kurang ampuh. Shampoo medicated diketahui dapat membersihkan rambut dan juga pengobatan. Hal ini menjadikan shampo ini bisa efektif dalam menghilangkan ketombe.

Salah satu penyebab ketombe adalah jamur, terutama jenis malassezia. Untuk membunuh jamur, Anda membutuhkan bahan disinfeksi dan sterilisasi yang bisa Anda dapatkan dalam shampoo medicated.

3.  Pilih Shampo Tanpa Kandungan Silikon

Diketahui bahwa ketombe juga bisa muncul akibat pemakaian sampo yang salah, yaitu mengandung silikon. Untuk memilih shampo anti ketombe terbaik, Anda bisa melihat dari kandungan dan komposisi sampo. Silikon biasa ditulis sebagai dimethicone, cyclomethicone, silica, dan lainnya.

4.  Cek Kecocokan Shampo dengan Kulit Kepala

Selain muncul karena kulit kepala kering, wanita berhijab juga bisa mengalami masalah kulit kepala berminyak karena cenderung tertutup dan kurang sirkulasi udara. Jika Anda memiliki ketombe yang kering dan bersisik, itu berarti kulit kepala Anda kering. Sebaliknya, jika ketombe Anda cenderung berminyak, maka kulit kepala Anda berminyak.

Jika kulit kepala cenderung kering, pilihlah sampo yang mengandung bahan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit kepala. Sedangkan untuk kulit kepala berminyak, pilihlah sampo dengan kandungan pembersih dan memiliki efek menyegarkan.

Itu dia 4 cara memilih shampo anti ketombe bagi wanita berhijab. Walaupun terkesan tertutup, tentunya menjaga kesehatan kulit kepala agar terhindar dari ketombe juga menjadi prioritas. Memiliki kulit kepala yang sehat dan segar akan membuat wanita berhijab lebih nyaman dalam menjalankan aktivitasnya. 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.